Minggu, 28 Maret 2010

MENGOPTIMALKAN KINERJA WINDOWS DENGAN REGISTRY

Posting kali ini akan mencoba membahas tentang trik - trik untuk megubah registry pada windows XP sesuai keinginan anda, tapi sebelum kalian mencoba untuk mempraktekkan nya pada komputer anda, akan lebih baik anda backup terlebih dahulu. Sehingga apabila terjadi kesalahan dalam memodifikasi registry, konfigurasi awal masih dapat digunakan.

Menghapus History My Recent Document
Apabila kita membuka file tulisan, gambar, video, music, atau file lainnya. Selalu tersimpan pada My Recent Documents, jika kita ingin menghilangkan history pada My Recent Document, Ikuti langkah berikut :
HKEY_CURRENI_USER > Software > Microsoft > Windows Current Version>Policies>Explorer
·      Pada jendela sebelah kanan. buat value baru dengan cara klik kanan : New > Binary Value. tulis entri ClearRecentDocsOn- Exit, ubah angkanya : 00 00 00 01.
·      Kecuali kita kembalikan nilainya ke semula, maka file yang dibuka tak akan pernah masuk lagi ke My Recents Documents.

Memproteksi System Files
System File berguna untuk menjalankan Windows. Apabila file ini rusak. Windows tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Lakukan cara berikut untuk melindungi file-file system yang ada pada c \ windows dari perubahan-perubahan yang dapat merusak opera­sional windows.
HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>CurrentControlSet>Control> SessionManager

Mengembalikan Folder Document yang Hilang di My Computer
Kadang virus menyembunyikan folder. Sering kali kita mengira bahwa folder kita sudah terhapus, Padahal. Jika memang folder tersebut hanya disembunyikan saja, kita bisa menampilkannya lagi lewat registry.
HKEY_LOCAL_MACHINE>Software>Microsoft>Windows>Current Version>Explorer>DocFolderPaths
       Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama sesuai dengan username yang digunakan di Windows (contohnya: Chippers).
       Klik ganda pada value tersebut dan masukkan path tempat dimana Documents Anda berada (misalnya, D:\Documents).

Membuat Desktop Lebib Stabil
Langkah optimalisasi kinerja desktop sebagai berikut : HKEY_CURRENT_USER>Softwore>Microsoft>Windows>Current Version> Explorer
         Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DesktopProcess.
         Klik ganda DesktopProcess dan masukkan angka 1 pada Value Data,

Kotak Dialog Sebelum Logon
Kila bisa saja memberikan informasi atau semacam peringatan sobelum user melikukan logon. Dengan alasan keamanan kita dapat melakukannya dengan mengubah registry seperti berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE>SOFTWARE>Microsoft>Windows NT>CurrentVersion>Winlogon
         Klik ganda LegalNoticeCaption dan masukkan input teks judul yang diinginkan ( contoh : WARNING ).
         Klik ganda LegalNoticeText dan masukkan input teks yang diinginkan ( contoh : Do Not Attempt to Logon to this system unless you are an authorized user ).

Menonaktifkan Scandisk pada System
Scandisk terkadang secara otomatis dijalankan oleh system pada Windows yang sudah terganggu strukturnya. Untuk mematikan fungsi ini, lakukan trik registry berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE>System>CurrentControlSet>Control>File System
         Value Name : DisableScandiskOnBoot
         Data Type: REG_BINARY
         Value Data: 01

Restart dengan cepat
Ketika komputer melakukan restart tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika spesifitikasi hardware komputer kita tidak tidak begitu tinggi. login proses restart lebih cepat???...... ubah registrynya seperti dibawah :
HKEY_LOCAL_MACHINE>Software>Microsoft> WindowsNT>Current Vcrsion>Winlogon
       Klik kanan pada panel Sebelah kanan dan pilih New String Value. Beri nama KeepRasConnections dan beri nilai 1. Restart komputer.

Menghilangkan tanda anak panah pada icon shortcut
Coba perhatikan shortcut icon. Selalu ada tanda anak panah kecil untuk menandakan bahwa itu adalah sebuah shortcut icon. Untuk menghilangkan tanda panah tersebut. lakukan langkah berikut :
HKEY_CLASSES_ROOT>inkfile
HKEY_ClASSES_ROOT>piffile
       Ubah nama isShortcut menjadi isShortcuts.


SELAMAT MENCOBA !!!

    Tidak ada komentar: